CARA KERJA WEB


Sebelum kita membahahas lebih lanjut ada baiknya kita ketahui dalu apa itu web browser. WEB BROWSER merupakan software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web, yang bisa di katakan ini merupakan sebuah interface bagi user.

Dua komponen diantara banyak komponen dalam kerja web yang harus ada adalah web client dan webserver. Web client dan Web server berkomunikasi menggunakan protokol HTTP (HyperText Transfer Protocol). Web client adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang meminta informasi. Untuk dapat mengakses web server, web client menggunakan aplikasi yang disebut Web browser. Web server adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang memberikan informasi. HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.
Konsep kerja HTTP:
>> Saat kita membrowsing suatu alamat web memakai suatu web browser (client http), Sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di server Http ( port 80).
>> Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request), seperti "GET /HTTP/1.1" (yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan), diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode head yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan body dari data tertentu.
>> Begitu menerima kode permintaan (dan pesan, bila ada), server mengirim kembali kode jawaban, seperti "200 OK", dan sebuah pesan yang diminta, atau sebuah pesan error atau pesan lainnya,seperti 404 (Not Found), 500 (Internal Server Error).
Gambar diatas menunjukan skema bagaimana sebuah web bekerja.
• User mengetikan URL yang ingin mereka tuju, ini yang biasa kita ketikan di browser misal nya www.okezone.com.
• Kemudian web browser yang kita gunakan akan menagambil web page yang kita ingin dari alamat yang kita isikan di dalam web browser tadi, permintaan akan halaman web ini adalah sebuah request HTTP standar yang berisi sebuah page address. Antara web browser yang ada di client dan web server yang ada di server mereka di hubungkan dengan sebuah TCP/IP yang mana ini sebagai tanda pengenal dan alamat masing-masing di antaranya.
• Seterlah web server merespon adanya permintaan dari client maka web server akan mencarikan file yang di inginkan client, apabila ketemu maka web server akan merespon balik dengan mengirimkan page yang di minta tadi.
• Kemudian web browser menerima file yang di minta tadi, tapi file ini masih dalam bentuk kode yang mana user akan kesulitan membacanya.
• Web browser akan menterjemahkan kode yang di terimanya , yang nantinya akan berupa sebuah GUI yang bisa di baca dan di mengerti oleh user.


Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Followers

berbagi inspirasi © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO